Administrasi Sistem jaringan

Blog untuk pembelajaran siswa jurusan TKJ dengan konsep Learning by doing


DNS Server

1. Pengertian DNS Server

DNS server merupakan salah satu komponen penting saat ini dalam sistem internet. Keberadaannya sangat membantu dalam mengakses berbagai layanan di internet, mulai dari situs berita, publikasi karya ilmiah, jejaring sosial dan masih banyak lagi manfaat lainnya. Kesemua layanan tersebut dapat diakses dengan mudah karena memiliki nama yang yang dapat diingat oleh user. Server DNS memegang peranan penting untuk menjaga kaitan antara nama dengan komputer server tujuan aplikasi internet. Apabila ada permasalahan dalam server DNS akan menyebabkan akses ke suatu sumber daya di internet akan terganggu.

2. Menguji konfigurasi DNS server



DNS adalah singkatan dari Domain Name Server, yaitu sebuah sistem yang menyimpan semua informasi data dari domain atau hostname dalam sebuah jaringan. tanpa adanya DNS, maka domain tidak bisa mentranslate atau menerjemahkan domain ke alamat IP. DNS Server merupakan server yang menyimpan DNS tersebut.

Cara kerja DNS server dapat dilihat seperti gambar dibawah ini :

proses kerja DNS Server


  • a. Komputer akan request alamat ip website ke server DNS lokal
  • b. Server DNS lokal akan melihat ke dalam database dan cache nya
  • c. Jika cache ditemukan maka server DNS akan langsung memberikan ip ke aplikasi browser. jika tidak ditemukan maka server DNS lokal akan menghubungi DNS server lainnya
  • d. Setelah mendapatkan alamat IP, DNS Server lokal akan menyimpannya sebagai cache sehingga jika ingin akses ke alamat yang sama maka DNS server tidak perlu menghubungi DNS server lainnya. permintaan ke DNS lain hanya terjadi jika di DNS server lokal tidak ditemukan data atau cache nya.
  • e. Alamat IP di berikan ke browser sehingga browser dapat membuka website yang di publikasikan di IP tujuan.
Silahkan tonton video dibawah ini untuk lebih jelasnya:
 

Baca juga:

Tags:

2 komentar

avatar

Bagus artikelnya.. Mau tanya kalau DNS itu sama dengan hosting kah?

Balas delete
avatar

Terimakasih sebelumnya.. DNS tidak sama dengan hosting karena dns lebih ke nama sebuah domain contoh google.com sedangkan hosting media penyimpanan secara online misalkan ingin menyimpan file atau web bisa disimpan pada hosting..

Balas delete



Emoticon